Username

Password

Daftar?
Lupa Password?

Login

Berita

STIKES Aisyiyah Yogyakarta Gelar Workshop Penulisan

Sleman – Guna memberikan tambahan wawasan tentang dunia baca-tulis kepada mahasiswa, perpustakaan STIKES Aisyiyah Yogyakarta menggelar workshop penulisan artikel dan resensi buku, Senin (15/9/2014).

Seperti dikatakan pustakawan STIKES Aisyiyah Yogyakarta, Irkhamiyati, SIP,  workshop itu untuk menunjang perkuliahan. Juga, mempermudah dalam menyusun makalah serta kegiatan nonakademik seperti lomba penulisan karya tulis ilmiah yang sering diikuti mahasiswa STIKES Aisyiyah Yogyakarta.

Dalam waktu dekat, perpustakaan STIKES Aisyiyah Yogyakarta akan menggelar lomba penulisan resensi buku. “Sehingga sebelum lomba mahasiswa dibekali dengan pelatihan,” terang Irkhamiyati, yang juga anggota Majelis Pustaka dan Informasi PWM DIY ini. “Hal itu sebagai upaya untuk memotivasi mahasiswa mengikuti lomba resensi buku.”

Tujuan digelarnya workshop ini agar para mahasiswa mampu menulis resensi buku dan bisa dimuat di media massa. Dalam workshop…

Posting Oleh admin | Kategori: Pendidikan | 0 Komentar | Selengkapnya


Wakil Ketua Majelis Dikdasmen PWM DIY sebagai Ketua Dewan Pendidikan Kota Yogyakarta

Yogya – Wakil Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY, Dr Ariswan MSi, DEA, kemarin dikukuhkan Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti sebagai Ketua Dewan Pendidikan Kota Yogyakarta masa bakti 2014-2018 di ruang utama bawah Balaikota Yogyakarta menggantikan Drs H KRT Wahyuntana Kusumabrata.

Usai melantik, Haryadi Suyuti mengatakan, fungsi dari Dewan Pendidikan adalah untuk meningkatkan mutu pelayanan pendidikan dengan memberikan pertimbangan, arahan dan dukungan tenaga, sarana dan prasarana serta pengawasan penyelenggaraan pendidikan.

Dengan fungsi itu, Dewan Pendidikan Kota Yogyakarta bertugas, menghimpun, menganalisis, dan memberikan rekomendasi kepada Walikota Yogyakarta terhadap keluhan, saran, kritik, dan inspirasi masyarakat terhadap pendidikan.

Kota Yogyakarta dikenal masyarakat luas sebagai pusat pendidikan di tanah air sehingga dikenal oleh masyarakat sebagai kota pelajar atau pendidikan. Di suatu sisi, hal ini merupakan suatu…

Posting Oleh admin | Kategori: Pendidikan | 0 Komentar | Selengkapnya


Peneliti Jepang Tertarik Pelajari Agama dan Budaya di Indonesia

Yogya – Ketertarikannya tentang  budaya yang ada di Indonesia, akhirnya membawa Aoki Takenobu, Ph.D dan Akutsu, Masayuki, Ph.D memilih Indonesia sebagai tempat utama penelitian terkait dengan iklim dalam perspektif Islam.

Penelitian ini diambil karena Aoki merasa ada krisis kepercayaan (agama) dan budaya di negaranya. “Ini menjadi sangat penting, sebab jika tidak cepat ditangani akan membahayakan bagi negara kita sendiri,” jelas Aoki Takenobu, PhD, dosen Chiba Universty Jepang.

Untuk melengkapi data penelitiannya, Jum'at (19/9/2014) Aoki Takenobu dan Akutsu Masayuki berkunjung ke Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk mempelajari iklim dalam persperktif Islam yang disampaikan Ir. Gatot Supangkat, MP selaku dosen Fakultas Pertanian UMY. 

Seperti dikatakan Akutsu, Masayuki, Ph. D dari The University of Tokyo, penelitian ini untuk melihat sejauhmana perspektif agama selalu digunakan dalam kehidupan sehari-hari, terutama diintegrasikan dengan…

Posting Oleh admin | Kategori: Pendidikan | 0 Komentar | Selengkapnya


Pengajian Rutin SMK Muhammadiyah 1 Bantul

Bantul – Sebagai salah satu amal usaha Muhammadiyah di bidang pendidikan, SMK Muhammadiyah 1 Bantul terus berupaya meningkatkan kualitas kinerjanya, khususnya dalam hal pelayanan pendidikan. Selain profesionalisme, perlu ditingkatkan etos kerja guru maupun karyawan bahwa kerja adalah rahmat, amanah, ibadah, kehormatan dan pelayanan. Untuk mendukung hal itu, SMK Muhammadiyah 1 Bantul mengembangkan kedisiplinan, kejujuran, dan komitmen ber-Muhammadiyah.

Banyak usaha yang telah dilakukan guna mengoptimalkan peran guru maupun karyawan, seperti mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi SDM. Seluruh komponen yang terlibat didalamnya juga terus dibenahi, salah satunya ruhani atau kepribadian SDM itu sendiri. Dalam konteks ini, SDM SMK Muhammadiyah 1 Bantul terdiri dari kepala sekolah, tim manajemen, guru dan karyawan pada Ahad (24/9/2014) mengadakan pengajian di rumah Yassa Alfani, SPd, di dusun Pepe, Trirenggo, Bantul.

Posting Oleh admin | Kategori: Pendidikan | 0 Komentar | Selengkapnya


Pendidikan Akselerasi Masih Menitikberatkan pada Pendidikan Kognitif

Bantul - Laju era globalisasi pada sisi lain, bisa berdampak langsung bagi dunia pendidikan serta dapat membawa manusia kepada krisis spiritual. Di sisi lain pula, dunia pendidikan akselerasi atau percepatan yang merupakan kumpulan dari orang-orang cerdas, masih banyak yang menitikberatkan pada pendidikan kognitifnya saja.

“Karena itulah, sekolah-sekolah akselerasi seharusnya bisa mengimbangi pendidikan kognitif dengan pendidikan afektif dan kepribadian melalui pembelajaran keagamaan seperti pendidikan Agama Islam,” kata Drs H Budi Santoso, M.Pd, dalam disertasi doktornya di program Pascasarjana UMY berjudul “Perkembangan Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Muntilan”.

Hal ini, tambah Budi Santoso, juga untuk menyeimbangkan kualitas intelektual yang dimiliki oleh peserta didik serta menjadi jembatan penyelamat untuk mengatasi krisis spiritual yang terjadi akibat dampak negatif globalisasi. 

Doktor ke-18…

Posting Oleh admin | Kategori: Pendidikan | 0 Komentar | Selengkapnya


Risalah Jumat

Mensiasati Halal dan Haram

Posting Oleh admin | 0 Komentar

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu haramkan apa-apa…

Indahnya Qiyamul Lail

Posting Oleh admin | 1 Komentar

dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu…

Ciri-ciri Akhlak Dalam Islam

Posting Oleh admin | 4 Komentar

Ketahuilah bahwa akhlak menempati posisi penting dalam ajaran Islam. Hal…

Menjaga Ketaqwaan

Posting Oleh admin | 1 Komentar

يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ…

Mengobarkan Gairah Berburu Ilmu

Posting Oleh admin | 1 Komentar

MUHAMMADIYAHDIY - Islam pernah menciptakan masa lampau yang sangat berwibawa…

 

Agenda Pimpinan

Tidak Ada Agenda

 

Agenda Ortom

Tidak Ada Agenda

 

Statistic

Hari ini65 Kemaren0 Minggu Ini577 Minggu Lalu592 Bulan ini65 Tahun ini32370 Total427147 Hits Count156 Now Online2 Users