Username

Password

Daftar?
Lupa Password?

Login

Berita

Muhammadiyah Tetapkan 1 Syawal 1436 Hijriyah

Yogyakarta – Seperti disampaikan Ketua PP Muhammadiyah Prof Dr H Yunahar Ilyas, Lc, MAg, didampingi Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP MuhammadiyahProf Dr H Syamsul Anwar, MA, dalam konferensei pers di Kantor PP Muhammadiyah Jl Cik Di Tiro Yogyakarta, Selasa (7/7/2015), berdasarkan hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, maka PP Muhammadiyah menetapkan 1 Syawal 1436 Hijriyah bertepatan pada hari Jum’at, 17 Juli 2015.

Ketika ditanyakan apakah kali ini kemungkinan ada perbedaan dalam penentuan 1 Syawal,
Yunahar Ilyas mengatakan, kemungkinan itu ada. “Tapi, Muhammadiyah dan NU insya Allah akan sama,” tandasnya.

Sedangkan Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Syamsul Anwar, menambahkan, ijtimak jelang Syawal 1436 H terjadi pada Kamis Legi, 16 Juli 2015, pada pukul 08.26 WIB. Tinggi bulan…

Posting Oleh admin | Kategori: Pendidikan | 0 Komentar | Selengkapnya


UMY Dirikan ASM of Political Thought and Humanity

Yogyakarta – Pemikiran-pemikiran Ahmad Syafii Maarif, yang akrab dipanggil Buya Syafii ini, dapat dijadikan sebuah ide yang sangat menarik dan perlu dikembangkan. Buya selalu menawarkan pemikiran Islam moderat progessif yang inklusif bagi kemanusian. Oleh karena itu, tak heran jika Buya Syafii dipandang sebagai salah satu Guru Bangsa Indonesia.

Oleh sebab itu, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mendirikan “Ahmad Syafii Maarif of Political Thought and Humanity”, yang bertujuan agar pemikiran-pemikiran Buya Syafii ini nantinya dapat diwariskan kepada pemuda dan pemudi Indonesia.

“Sekolah ini dapat mengekspor pemikiran Islam anak bangsa dalam tahapan internasionalisasi dalam bentuk publikasi serta mendorong pemikiran-pemikiran ulama yang ada dalam lingkungan Muhammadiyah,” kata Dr Achmad Nurmandi, MSc, Direktur Pascasarjana UMY, Kamis (9/7/2015).

Tentunya, pemikiran-pemikiran Buya  Syafii ini, nantinya akan diterjemahkan ke dalam dua bahasa, yaitu bahasa Arab dan bahasa Inggris,…

Posting Oleh admin | Kategori: Pendidikan | 0 Komentar | Selengkapnya


MPM PWM DIY Berdayakan Masyarakat Gunungkidul

Yogyakarta – Bangsa Indonesia mempunyai jutaan hektar lahan pertanian, tapi menjadi ironi sebagian besar bahan pangannya justru berasal dari impor. Kita boleh saja berbangga bahwa beras kita tidak lagi impor, tapi bahan pangan lainnya seperti gandum, kedelai, buah-buahan – bahkan juga pakan ternak – harus impor. Sedangkan konsumsi nonberas – khususnya gandum – sangat tinggi.

Hal itu dikatakan Dwi Kuswantoro, SE, MEK, Ketua Majelis Pemberdayaan Masyarakat Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY, hari ini.  Menurutnya, silang sengkarut dari tata niaga, belum ada goodwill yang nyata dari pemangku kebijakan berkaitan kemandirian pangan, menjadikan persoalan pangan ini masih menjadi pekerjaan rumah yang serius bagi seluruh komponen bangsa.

“Kita semua pasti paham, apabila persoalan pangan ini tidak segera diselesaikan oleh bangsa yang katanya lohjinawi dengan sumber daya alam yang melimpah, kita akan…

Posting Oleh admin | Kategori: Sosial | 0 Komentar | Selengkapnya


Muhasabah Kehalalan Makanan dan Kosmetika PPs Farmasi UAD

Yogyakarta – Umat Islam tidak diperkenankan mengonsumsi daging babi karena mengandung berbagai jenis bakteri yang dapat merusak kesehatan manusia yang mengkonsumsinya. Fakta-fakta di lapangan tentang babi menjadi alasan empiris sekaligus ilmiah yang menguatkan penegasan al-Qur’an akan keharamannya.

Dan saat ini, banyak riset dan publikasi berkenaan dengan pengembangan analisis produk makanan halal lewat deteksi kandungan lemak, daging, dan gelatin babi pada produk makanan, kosmetik dan farmasi.

Hal itu dikatakan Prof Dr Abdul Rohman, S.Farm, MSi, Apt, pada kajian kefarmasian dengan tema “Muhasabah Kehalalan Makanan dan Kosmetika” yang diadakan Program Pascasarjana (S2) Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta di Kampus 3 UAD Jalan Prof. Dr. Soepomo, SH, Janturan, Yogyakarta, Sabtu (4/7) sore.

Menurut Rohman, kesadaran masyarakat muslim di seluruh dunia menggunakan produk-produk halal semakin meningkat. Tidak hanya di…

Posting Oleh admin | Kategori: Pendidikan | 0 Komentar | Selengkapnya


Training Da'i PCM Jetis Yogyakarta

Yogya – Training da’i merupakan salah satu program Muhammadiyah yang bertujuan memberikan bekal pada kader-kader Muhammadiyah di tingkat ranting hingga wilayah tentang dasar-dasar berdakwah. Diharapkan, melalui training ini, kader Muhammadiyah dapat lebih siap tampil sebagai mubaligh atau da'i. Mengingat kebutuhan da'i dipastikan meningkat tajam, apalagi dalam bulan Ramadan.

Hal itu dikatakan Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Jetis, Yogyakarta, Imam Bayu Nugroho, ketika membuka kegiatan training da’i di Masjid Noor Pakuningratan, Yogyakarta.

Di depan 25 orang peserta – yang merupakan kader Muhammadiyah Ranting se-Cabang Jetis –  pemateri Nurkholis S.Ag, M.Ag mengemukakan pentingnya dakwah dalam masyarakat. Katanya, dalam al-Qur’an paling tidak ada tujuh alasan mengapa dakwah memegang peranan penting dalam masyarakat.

Menurut Nurkholis, dakwah merupakan jalan hidup Rasulullah SAW dan pengikutnya. Selain itu, dakwah merupakan perbuatan yang dilakukan orang-orang yang beriman. “Dengan…

Posting Oleh admin | Kategori: Pendidikan | 0 Komentar | Selengkapnya


Risalah Jumat

Mensiasati Halal dan Haram

Posting Oleh admin | 0 Komentar

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu haramkan apa-apa…

Indahnya Qiyamul Lail

Posting Oleh admin | 1 Komentar

dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu…

Ciri-ciri Akhlak Dalam Islam

Posting Oleh admin | 5 Komentar

Ketahuilah bahwa akhlak menempati posisi penting dalam ajaran Islam. Hal…

Menjaga Ketaqwaan

Posting Oleh admin | 1 Komentar

يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ…

Mengobarkan Gairah Berburu Ilmu

Posting Oleh admin | 1 Komentar

MUHAMMADIYAHDIY - Islam pernah menciptakan masa lampau yang sangat berwibawa…

 

Agenda Ortom

Tidak Ada Agenda

 

Statistic

Hari ini33 Kemaren0 Minggu Ini135 Minggu Lalu314 Bulan ini33 Tahun ini20149 Total679077 Hits Count96 Now Online3 Users