Username

Password

Daftar?
Lupa Password?

Login

Berita

Pendidikan Akselerasi Masih Menitikberatkan pada Pendidikan Kognitif

Bantul - Laju era globalisasi pada sisi lain, bisa berdampak langsung bagi dunia pendidikan serta dapat membawa manusia kepada krisis spiritual. Di sisi lain pula, dunia pendidikan akselerasi atau percepatan yang merupakan kumpulan dari orang-orang cerdas, masih banyak yang menitikberatkan pada pendidikan kognitifnya saja.

“Karena itulah, sekolah-sekolah akselerasi seharusnya bisa mengimbangi pendidikan kognitif dengan pendidikan afektif dan kepribadian melalui pembelajaran keagamaan seperti pendidikan Agama Islam,” kata Drs H Budi Santoso, M.Pd, dalam disertasi doktornya di program Pascasarjana UMY berjudul “Perkembangan Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Muntilan”.

Hal ini, tambah Budi Santoso, juga untuk menyeimbangkan kualitas intelektual yang dimiliki oleh peserta didik serta menjadi jembatan penyelamat untuk mengatasi krisis spiritual yang terjadi akibat dampak negatif globalisasi. 

Doktor ke-18…

Posting Oleh admin | Kategori: Pendidikan | 0 Komentar | Selengkapnya


Anggota MPI PWM DIY Lulus Doktor dengan Sangat Memuaskan

Sleman – Perpustakaan madrasah sudah seharusnya dikembangkan dengan berbasis literasi informasi. Apalagi, penerapan literasi informasi sudah menjadi kebutuhan penting untuk mempersiapkan siswa belajar sepanjang hayat. Selain itu, perkembangan informasi saat ini juga sudah sangat pesat.

 

Hal itu dikatakan Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta – sekaligus anggota Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY – Hj Sri Rohyanti Zulaikha, SAg, SIP, MSi saat mempertahankan karya disertasinya dalam ujian doktor pendidikan di Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, Selasa (2/9/2014).

 

Dalam karyanya berjudul “Pengembangan Model Perpustakaan Madrasah dalam Penerapan Literasi Informasi untuk Mempersiapkan Belajar Sepanjang Hayat (Life Long Learning)”,  promovendus ini, berhasil lulus dengan predikat sangat memuaskan.

Posting Oleh admin | Kategori: Pendidikan | 0 Komentar | Selengkapnya


Kampus dan Mahasiswa Partner KPK dalam Memberantas Korupsi

Yogya – Mahasiswa merupakan salah satu stakeholder yang membantu KPK dalam memberantas korupsi. Peran universitas juga memiliki andil besar untuk bisa membantu KPK dalam memberantas korupsi. Kampus merupakan penjaga bandul keadilan dan kebenaran. Sebab, kampus dapat melahirkan intelektual-intelektual muda yang dapat memimpin bangsa.

Hal itu dikatakan Johan Budi, jurubicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada acara masa taaruf Fisipol Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, kemarin. “Kita suarakan kejujuran dan kita suarakan kebersihan,” tandasnya.

Menurutnya, kampus merupakan tempat orang-orang yang bisa meluruskan nilai-nilai tentang korupsi dan tempat untuk mendukung antikorupsi. "Selain itu, kampus juga memiliki fungsi dan peran sebagai pemberantas korupsi, misalnya dengan membentuk komunitas pengawasan korupsi," ungkapnya.

Namun, Johan juga menyayangkan, karena saat ini korupsi juga sudah masuk ke ranah Perguruan Tinggi, bahkan hampir mengakar pada Perguruan Tinggi. Seperti…

Posting Oleh admin | Kategori: Pendidikan | 0 Komentar | Selengkapnya


SMP Muhammadiyah I Depok Audiensi dengan Bupati Sleman

Sleman – Didampingi Kepala SMP Muhammadiyah I Depok, ayahnya Agus Mohnurdin dan ibunya Dwi Bekti Damawati, Tausrik Ismail Nurdin pelajar kelas 2 SMP Muhammadiyah I Depok kemarin audiensi sekaligus mohon pamit serta doa restu dengan Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo, MSi berkaitan dengan terpilihnya sebagai duta DIY dalam akademi pemain sepakbola internasional di Belanda Ayak Amsterdam dan Spanyol Akademi, Kamis (4/9/2014).

Tausrik Ismail Nurdin  adalah pemain usia  13 tahun, yang telah mengikuti seleksi di Jakarta  pada bulan Mei 2014 yang lalu. Dan ia salah satu peserta seleksi yang lolos, yang akan dikirim ke Belanda dan di Spanyol. Pertengahan bulan September akan mengikuti TC di Bandung dan pada tanggal 20 Oktober 2014 langsung berangkat menuju Belanda  dan tanggal 24-27 Oktober ke Spanyol untuk masuk dalam akademi sepakbola.

Posting Oleh admin | Kategori: Pendidikan | 0 Komentar | Selengkapnya


Media di Indonesia Harus Diperbaiki

Yogya – Dalam rangka mendukung program pemerintah, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) turut berpartisipasi dalam penyelenggaraan simposium nasional kedua dalam bentuk panel, kemarin.

Ketika membuka kegiatan itu, Dr. Ahmad Nurmandi, M.Si selaku Direktur Jusuf Kalla Government School (JKSG) UMY yang didampingi Prof. Tulus Warsito selaku penyelenggara mengatakan, Simposium Nasional II ini merupakan panel  ke-15 yang membahas tentang komunikasi kerakyatan dan media.

Menurut Ahmad Nurmandi, ada dua tema besar yang dibahas kali ini, yaitu mengembalikan frekuensi penyiaran sebagai milik rakyat: tantangan dan solusi pengembangan media penyiaran pro rakyat dan komunikasi politik dan penguatan civic literacy.

Sebagaimana dikatakan Fajar Junaedi dari UMY, saat ini yang menjadi problem masyarakat adalah banyaknya stasiun televisi swasta di Indonesia yang dimiliki oleh kelompok perusahaan media maupun nonmedia. Mereka itulah yang…

Posting Oleh admin | Kategori: Pendidikan | 0 Komentar | Selengkapnya


Risalah Jumat

Mensiasati Halal dan Haram

Posting Oleh admin | 0 Komentar

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu haramkan apa-apa…

Indahnya Qiyamul Lail

Posting Oleh admin | 1 Komentar

dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu…

Ciri-ciri Akhlak Dalam Islam

Posting Oleh admin | 3 Komentar

Ketahuilah bahwa akhlak menempati posisi penting dalam ajaran Islam. Hal…

Menjaga Ketaqwaan

Posting Oleh admin | 1 Komentar

يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ…

Mengobarkan Gairah Berburu Ilmu

Posting Oleh admin | 1 Komentar

MUHAMMADIYAHDIY - Islam pernah menciptakan masa lampau yang sangat berwibawa…

 

Agenda Pimpinan

Tidak Ada Agenda

 

Agenda Ortom

Tidak Ada Agenda

 

Statistic

Hari ini141 Kemaren128 Minggu Ini332 Minggu Lalu2 Bulan ini2015 Tahun ini26905 Total381839 Hits Count1181 Now Online5 Users