Username

Password

Daftar?
Lupa Password?

Login

Berita

Pembelajaran AIK Menjadi Penguat Penerapan Pendidikan Karakter di Sekolah Muhammadiyah

Yogya – Lembaga pendidikan di lingkungan persyarikatan Muhammadiyah mempunyai kekhususan dalam pelaksanaan pendidikan di Indonesia. Di samping mengikuti kurikulum pendidikan sebagaimana yang ditetapkan pemerintah, juga terdapat muatan al-Islam dan ke-Muhammadiyahan. Hal inilah yang kemudian membedakan antara lembaga pendidikan Muhammadiyah dengan lainnya. 

Berlandaskan hal itu, Nurlela mencoba meneliti pembelajaran al-Islam dan ke-Muhammadiyahan (AIK) sebagai salah satu sarana penerapan pendidikan dan penanaman karakter pada peserta didik di SMP Muhammadiyah 2 Kabupaten Cirebon. Hasil penelitian itu diujikan pada Sidang Promosi Doktor, Program Doktor Pascasarjana UMY, Sabtu (19/7).

Disertasi Nurlela mendapat penilaian sangat memuaskan dari para penguji dan ia merupakan doktor ke-17 yang dihasilkan Program Doktor UMY. Menurut Nurlela, penelitiannya itu berangkat dari kegelisahannya saat mengamati output yang dihasilkan dari lembaga-lembaga pendidikan. “Ternyata belum banyak menghasilkan murid-murid…

Posting Oleh admin | Kategori: Pendidikan | 0 Komentar | Selengkapnya


LPM UAD Pelatihan Mengolah Singkong

Wonosari – Saat pelatihan mengolah singkong oleh Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, ada empat resep yang disuguhkan. Di antaranya kue basah putu ayu, brownis kukus, donat mocaf, dan black forest mocaf kukus.

Tiga resep dibuat sendiri oleh ibu-ibu peserta pelatihan dan satu resep berupa black forest mocaf kukus disampaikan Siti Salamah dari UAD Yogyakarta. Bahan yang digunakan cukup mudah didapatkan dan tentu saja menggunakan tepung mocaf yang bahan dasarnya dari singkong.

“Dengan dibuat menjadi tepung mocaf, singkong bisa menjadi tahan lebih lama hingga satu tahun,” terang Salamah di Balai Desa Kemadang, hari ini, di depan warga pedukuhan Pocung, Tenggang dan Ngelo, Kepala LPM UAD Drs H Jabrohim, MM…

Posting Oleh admin | Kategori: Sosial | 0 Komentar | Selengkapnya


Telkomnika UAD Diakui Dikti

Yogya – Saat ini, jurnal Telkomnika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta yang terbit kali pertama Desember 2003 – yang dikenal seluruh dunia –  menjadi satu-satunya jurnal dari Perguruan Tinggi di Indonesia yang diakui oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Seperti dijelaskan Tole Sutikno, Editor-in-cheif Telkomnika, Jum’at (18/7), setelah terakreditasi A oleh Dikti pada Agustus 2013 lalu, maka pada 6 Juli 2014 Jurnal Telkomnika UAD kembali meraih prestasi sebagai jurnal rangking pertama di Indonesia dari variable SNIP (Source Normalized Impact per-Paper) dan menduduki rangking ke-3 di Indonesia dari variable SJR atau Scimago Journal Rank, berdasar penilaian dari Scopus  (lembaga pengindeks yang mengevaluasi unjuk kerja atau kualitas sebuah jurnal internasional).

Jurnal Telkomnika UAD yang…

Posting Oleh admin | Kategori: Pendidikan | 0 Komentar | Selengkapnya


Tauhid, Akar Kemunculan Politik Islam

Yogya – Tauhid menjadi asal-muasal dari munculnya sistem politik Islam. Sebab, di dalam tauhid itu, kedudukan manusia semuanya sama. Tidak ada yang lebih unggul atau memiliki kuasa lebih dibanding manusia lainnya. Karena itulah, dalam tauhid, manusia tidak diperkenankan meminta pertolongan kepada selain Tuhannya. Selain itu, tauhid juga menjadi suatu kekuatan yang luar biasa untuk membangun keadilan. 

Hal itu disampaikan Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif pada Pengajian Ramadhan 1435 bagi pimpinan dan dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) hari ini, bertemakan “Internalisasi dan Integrasi Al-Qur'an dan Hadits dalam Pengembangan Keilmuan Bagi Dakwah Berkemajuan”.

Menurut Syafii Maarif, tauhid yang seharusnya menjadi kekuatan utama dalam sistem politik Islam itu, saat ini sudah tidak lagi diterapkan. “Baik itu di negara-negara Islam maupun di negara yang mayoritas penduduknya Muslim,” kata Syafii Maarif.

Posting Oleh admin | Kategori: Agama | 0 Komentar | Selengkapnya


Pengajian Ramadhan Pimpinan dan Dosen UMY

Yogya – Pengajian Ramadhan 1435 Hijriyah bagi pimpinan dan dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) hari ini, dilaksanakan. Pengajian bertemakan “Internalisasi dan Integrasi Al-Qur'an dan Hadits dalam Pengembangan Keilmuan Bagi Dakwah Berkemajuan” berangkat dari keinginan UMY untuk mengembangkan program pembudayaan al-Qur'an melalui kegiatan tahsin, tahfidz, dan tafhim Qur'an.

Selain itu, juga untuk mencari kesesuaian antara teori keilmuan dengan ayat-ayat al-Qur'an dan bagaimana agar nilai-nilai ajaran al-Qur'an dapat menjadi "ruh" bagi pengembangan keilmuan itu sendiri. 

Untuk mencapai hal itu, menurut Dr. M. Khaeruddin Hamsin, MA, Kepala Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) UMY, harus dibangun proses pemahaman mengenai eksistensi al-Qur'an sebagai wahyu. Kemudian, menumbuhkan kesadaran bahwa al-Qur'an adalah acuan hidup, menumbuhkan pemahaman integratif antara ayat-ayat qauliyah (nash al-Qur'an) dan ayat-ayat kauniyah. “Dan membudayakan untuk gemar membaca dan memahami al-Qur'an,” kata Khaeruddin Hamsin.

Menurut Khaeruddin, setelah…

Posting Oleh admin | Kategori: Agama | 0 Komentar | Selengkapnya


Risalah Jumat

Mensiasati Halal dan Haram

Posting Oleh admin | 0 Komentar

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu haramkan apa-apa…

Indahnya Qiyamul Lail

Posting Oleh admin | 1 Komentar

dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu…

Ciri-ciri Akhlak Dalam Islam

Posting Oleh admin | 3 Komentar

Ketahuilah bahwa akhlak menempati posisi penting dalam ajaran Islam. Hal…

Menjaga Ketaqwaan

Posting Oleh admin | 1 Komentar

يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ…

Mengobarkan Gairah Berburu Ilmu

Posting Oleh admin | 1 Komentar

MUHAMMADIYAHDIY - Islam pernah menciptakan masa lampau yang sangat berwibawa…

 

Agenda Ortom

Tidak Ada Agenda

 

Statistic

Hari ini43 Kemaren0 Minggu Ini307 Minggu Lalu413 Bulan ini43 Tahun ini21782 Total342021 Hits Count122 Now Online2 Users